Minggu, 28 Oktober 2012

Analisis Jurnal

Jurnal 1


ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER DAN KREATIFITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK


RUDOLPH SETIAJI HANDOKO
NIM. C4A005087

Latar Belakang

Memahami konsumen di seluruh dunia tentang pendapat mereka terhadap aktivitas pemasaran global merupakan topik penting untuk perusahaan-perusahaan multinasional, namun hal lain yang juga sedang mempengaruhi dunia bisnis adalah tingginya persaingan di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya produk yang ditawarkan namun semakin sedikit konsumen yang membeli, serta semakin jelinya konsumen dalam melakukan pembelian, sehingga membuat perusahaan berlombalomba untuk memperebutkan perhatian konsumen dan berusaha mempengaruhi konsumen untuk membeli. Hal ini menyebabkan promosi menjadi sesuatu yang sangat penting karena persepsi konsumen terhadap produk adalah lebih penting daripada kenyataan yang melekat pada produk itu sendiri (Ishak, 1996, p.32) mengingat dalam beberapa hal, konsumen lebih memperhatikan merek daripada produknya pada saat melakukan pembelian dan mereka memilih merek tertentu karena merek tersebut mempunyai persepsi yang baik dalam benaknya.

Tujuan penelitian
1. Menganalisis pengaruh Kredibilitas endorser pada efektivitas iklan.
2. Menganalisis pengaruh Kreatifitas pada efektivitas iklan.
3. Menganalisis pengaruh efektivitas iklan terhadap sikap terhadap merek
produk yang yang diiklankan.
METODE PENELITIAN
Data yang dipergunakan dalam penelitan ini dibagi menjadi dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif didapat dengan menggunakan berbagai jenis pertanyaan-pertanyaan berskala sehingga representasi numerik dan kesimpulan-kesimpulan dapat dibuat. Data kualitatif dapat dengan melakukan wawancara verbal dengan konsumen. Sedangkan sumber data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dan diolah sendiri.

Jurnal 2
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION,
BRAND PERSONALITY DAN PRODUCT CHARACTERISTICS DALAM
MENCIPTAKAN INTENSI PEMBELIAN





Eka Setya Nurani1
Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Jony Oktavian Haryanto2
Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Latar Belakang
Dalam era globalisasi persaingan bisnis yang semakin dinamis, kompleks dan serba tidak pasti, bukan hanya menyediakan peluang tetapi juga tantangan yang dihadapi oleh perusahaan– perusahaan untuk selalu mendapatkan cara terbaik guna merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Setiap perusahaan berusaha untuk menarik perhatian (calon) konsumen dengan berbagai cara, salah satunya dengan pemberian informasi tentang produk. Pemberian informasi tentang produk tersebut dapat dilakukan melalui berbagai bentuk program komunikasi pemasaran di antaranya: advertising, sales promotions, personal selling, public relations, dan direct marketing. Dari berbagai program komunikasi pemasaran tersebut, advertising merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada target audiens. Media ini dirasa paling efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Agar produk yang ditawarkan pemasar melalui media iklan memiliki daya tarik bagi calon konsumen untuk membeli, maka diperlukan dukungan tokoh terkenal ataupun bintang iklan sebagai penyampaian pesan dalam iklan. Bintang iklan (Celebrity endorser) yang merupakan tokoh (aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinnya dan berperan sebagai orang yang berbicara tentang produk, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang menunjuk pada produk yang didukungnya.

METODE PENELITIAN
Populasi dan Sampel
Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik Judgmental sampling dengan masyarakat Salatiga
Pengukuran Variabel
Konsep yang hendak diukur dalam penelitian ini adalah kosep Celebrity endorser, Brand association, Brand Personality, Product Characteristics dan Intensi membeli.



Jurnal 3
ANALISIS PENGARUH KEMENARIKAN PESAN IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS UNTUK MENINGKATKAN BRAND ATTITUDE PASAT GIGI MEREK PEPSODENT



HAFIEDZ ELYASA
NIM. C2A607073

Latar Belakang

Era perdagangan bebas dan  globalisasi di tandai dengan semakin  meluasnya produk dan jasa, menyebabkan persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan semakin ketat. Hal ini menyebabkan manajemen perusahaan dituntut untuk lebih cermat menyikapi dalam menentukan strategi bersaing. Perusahaan selalu mencari ide-ide kreatif dan mengembangkan
tekhnologi maupun berusaha untuk dapat meningkatkan penjualan dan juga memuaskan kebutuhan pelangganya. Untuk dapat bersaing dengan produk sejenis perusahaan dituntut untuk mampu memposisikan produknya di benak konsumen. Positioning produk harus memberi arti penting bagi konsumen. Positioning ditujukan untuk menciptakan gambaran tentang produk yang akan selalu diingat oleh konsumen dalam hal kualitas serta dapat menciptakan keinginan konsumen untuk tetap mengkonsumsi produk tanpa beralih ke produk pesaing. Posisi produk erat kaitanya dengan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan factor penentu kelangsungan hidup produk dan perusahaan. Dalam upaya memposisikan produknya perusahaan sering melakukan promosi terutama menjalin hubungan komunikasi dengan konsumen sehingga produknya dikenal luas oleh konsumen.


Tujuan Penelitian
·         Untuk menganalisa pengaruh daya tarik penyampaian pesan
iklan terhadap Brand Awareness suatu produk.
·         Untuk menganalisa pengaruh  Brand Awareness terhadap
Brand Attitude suatu produk kepada konsumen.



Metode Penelitian
Variabel penelitian ini terdiri dari tiga macam variabel, yaitu  variabel terikat (dependent variable) atau variabel yang tergantung pada  variabel lainnya. Variabel intervening atau variabel yang menghubungkan  antara variabel bebas dengan variabel terikat. Serta variabel bebas  (independent variable) atau variabel yang tidak tergantung pada variabel yang lainnya. Variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah:
a) Variabel terikat (Dependent Variable) yaitu  brand attitude  pasta gigi
merek Pepsodent (Y2).
b) Variabel Intervening yaitu  brand awareness  pasta gigi merek
Pepsodent (Y1).
c) Variabel bebas (Independent Variable) yaitu alasan keputusan
pembelian  pasta gigi merek Pepsodent (X) yang meliputi 2 dimensi,
yaitu:
1) Kemenarikan Pesan Iklan (X1)
2) Kredibilitas Celebrity Endorser (X2)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar