JURNAL 1
ANALISIS KEPUASAN
PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM
(Penelitian Kuantitatif
Deskriptif pada Pelanggan Perusahaan Daerah Air MinumCabang Semarang Selatan)
Oleh :Eka Wulansari
NIM. 1550402056
Skripsi, dibawah
bimbingan Siti Nuzulia, S.Psi.,M.Si dan Drs. EdiPurwanto M.si
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas
pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Cabang Semarang Selatan.Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan
populasi pelanggan PDAM Cabang Semarang Selatan. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 180 responden yang diambil dengan tehnik area probability sample.
Data diambil dengan angket dan wawancara,
sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif persentase.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pelanggan
terhadap kualitas pelayanan termasuk kurang baik yaitu sebesar62,25% yang
berarti bahwa pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan PDAM karena harapan
pelanggan tidak sesuai dengan kinerja aktual. Unsur padakepuasan pelanggan
terhadap kualitas pelayanan yang berada pada kategorikurang baik terdapat 9
yaitu Serviceability , sistem pengiriman, prosedur pelayanan, kedisiplinan
petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan,kemampuan pelayanan
petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya, dan kepastian jadwal
pelayanan. Sedangkan unsur dalam kategori baik terdapat 8 yaitu kualitas
produk, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan
sebesar, keadilan mendapatkan pelayanan sebesar, kesopanan dan keramahan
petugas, kenyamanan lingkungan, dan keamanan lingkungan.Karena kepuasan
pelanggan adalah membandingkan antara harapan dan kinerja yang sesungguhnya
maka disarankan kepada PDAM untuk meningkatkan unsur pelayanan yang belum
memenuhi harapan pelanggan atau pada kategori pelayanan kurang baik yaitu serviceability;
sistem pengiriman; prosedur pelayanan; kedisiplinan petugas pelayanan; tanggung
jawab petugas pelayanan;kemampuan petugas pelayanan; kewajaran biaya pelayanan;
kepastian biayapelayanan dan melakukan penelitian secara berkala untuk
mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan
hasil penelitian perlu dievaluasi serta ditindak lanjuti.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan
JURNAL 2
ANALISIS
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP
KEPUASAN NASABAH BMT KAFFAH
YOGYAKARTA
NAMA : PRASETYO ADI
NIM : 30.07.5.1.050
STAIN SURAKARTA
ABSTRAKSI
Kualitas
pelayanan menjadi standar kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan
nasabah/pelanggan. Dalam rangka mengembangkan pemikiran mengenai kualitas
pelayanan dan kepuasan nasabah/ pelanggan,
penulis melakukan penelitian mengenai keterkaitan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah BMT Kaffah
Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap tingkat kepuasan nasabah BMT Kaffah Yogyakarta. Dimensi kualitas
pelayanan terdiri dari Responsivness, Reliability, Assurance, Emphaty dan Tangibles.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan
teknik penarikan sampel purposive sampling.Hasil analisis data dengan
menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari
segi assurance dan tangibles berpengaruh
positif terhadap kepuasan nasabah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan
kepuasan nasabah, maka BMT Kaffah harus meningkatkan kualitas pelayanan dari
segi assurance dan mempertahankan kualitas pelayanan dari segi tangibles.
Kata
kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan nasabah.
JURNAL 3
ANALISIS
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN
KONSUMEN RUMAH MAKAN
Etty Roswitha Ariyani
ABSTRAK
Kualitas
pelayanan menjadi standar kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan factor terpenting
bagi kepuasan konsumen/pelanggan. Dalam rangka mengembangkan pemikiran mengenai
kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen/ pelanggan, penulis melakukan penelitian
mengenai keterkaitan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen Rumah Makan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan konsumen Rumah Makan. Dimensi kualitas pelayanan terdiri dari
keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, dan keberwujudan. Hasil analisis
data dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
dari segi keandalan dan empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan
konsumen, maka pihak Rumah Makan harus meningkatkan kualitas pelayanan dari
segi keandalan dan mempertahankan kualitas pelayanan dari segi empati.
Kata
Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Rumah Makan
Latar
Belakang Masalah
Pada
prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan dihadapkan
dengan strategi maupun teknik penjualan
yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan
baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan
bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap
konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja
terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan
konsumen/ pelanggan. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal penting bagi
konsumen, supaya mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan.
Demikianlah sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pakar ekonomi yang
memberikan definisi mengenai kepuasan konsumen. Pada dasarnya kepuasan konsumen
mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan kinerja atau hasil yang
dirasakan. Dan hakikatnya kepuasan konsumen merupakan evaluasi purna beli
dimana alternatif yang dipilih
sekurang-kurangnya dapat memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui
harapan konsumen, sedangkan ketidakpuasan dapat terjadi apabila hasil yang
diperoleh tidak memenuhi harapan yang diinginkan konsumen. Kualitas layanan
sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Jika kualitas layanan yang dirasakan
tidak sesuai dengan harapan konsumen,
maka konsumen tidak akan puas dan hal itu secara tidak langsung akan
mempengaruhi kualitas layanan yang dihasilkan
oleh perusahaan. Kualitas layanan merupakan kemampuan suatu organisasi dalam
memenuhi harapan konsumen. Sehingga kualitas layanan adalah ketidaksesuaian
antara harapan konsumen dan persepsi konsumen. Oleh sebab itu, kualitas layanan fokus pada
pemenuhan kebutuhan dan permintaan konsumen serta bagaimana layanan yang
diberikan sesuai dengan harapan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan salah
satu kunci bagi perusahaan untuk memperbaiki
kualitasnya Kepuasan konsumen sangat di pengaruhi oleh bagaimana pihak front liner memberikan. Kepuasan konsumen
merupakan perasaan konsumen pada layanan yang mereka terima dari perusahaan
yang memberikannya. Sehingga, kepuasan konsumen
adalah faktor terpenting dalam mengembangkan proses dan membangun hubungan
dengan konsumen . Ada dua perspektif untuk mengukur kualitas layanan, yaitu
perspektif internal dan perspektif eksternal.
Perspektif eksternal untuk mengetahui tentang konsumen, merubah apa yang
dirasakan konsumen dan mengembangkan harapan konsumen serta mengerti akan
aspek-aspek seperti persepsi konsumen, harapan konsumen, kepuasan konsumen,
perilaku dan kesenangan konsumen . Untuk mengukur kepuasan konsumen digunakan
metode servqual . Sedangkan perspektif internal diidentifikasikan dengan bebas kesalahan yaitu melakukan dengan benar saat pertama kali dan sesuai dengan permintaan.
Untuk mengukur perspektif internal yang bebas kesalahanyang berhubungan dengan
kualitas layanan digunakan metode six sigma. Six sigma adalah seperangkat alat
yang digunakan untuk mengidentifikasi,
menganalisis, dan mengeliminasi sumber variasi dalam proses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar