ANALISIS PENGARUH
KREDIBILITAS ENDORSER DAN KREATIFITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN YANG
MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK
RUDOLPH
SETIAJI HANDOKO
NIM.
C4A005087
Latar Belakang
Memahami konsumen di seluruh dunia tentang
pendapat mereka terhadap aktivitas pemasaran global merupakan topik penting
untuk perusahaan-perusahaan multinasional, namun hal lain yang juga sedang
mempengaruhi dunia bisnis adalah tingginya persaingan di dunia bisnis. Hal ini
dikarenakan semakin banyaknya produk yang ditawarkan namun semakin sedikit
konsumen yang membeli, serta semakin jelinya konsumen dalam melakukan
pembelian, sehingga membuat perusahaan berlombalomba untuk memperebutkan
perhatian konsumen dan berusaha mempengaruhi konsumen untuk membeli. Hal ini
menyebabkan promosi menjadi sesuatu yang sangat penting karena persepsi
konsumen terhadap produk adalah lebih penting daripada kenyataan yang melekat
pada produk itu sendiri (Ishak, 1996, p.32) mengingat dalam beberapa hal,
konsumen lebih memperhatikan merek daripada produknya pada saat melakukan
pembelian dan mereka memilih merek tertentu karena merek tersebut mempunyai
persepsi yang baik dalam benaknya.
Tujuan penelitian
1.
Menganalisis pengaruh Kredibilitas endorser pada efektivitas iklan.
2.
Menganalisis pengaruh Kreatifitas pada efektivitas iklan.
3.
Menganalisis pengaruh efektivitas iklan terhadap sikap terhadap merek
produk yang yang
diiklankan.
METODE
PENELITIAN
Data yang dipergunakan dalam penelitan ini dibagi menjadi dua jenis
yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif didapat dengan
menggunakan berbagai jenis pertanyaan-pertanyaan berskala sehingga representasi
numerik dan kesimpulan-kesimpulan dapat dibuat. Data kualitatif dapat dengan
melakukan wawancara verbal dengan konsumen. Sedangkan sumber data yang
dipergunakan pada penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dan diolah
sendiri.
Jurnal 2
PENGARUH
CELEBRITY
ENDORSER,
BRAND
ASSOCIATION,
BRAND
PERSONALITY DAN
PRODUCT
CHARACTERISTICS DALAM
MENCIPTAKAN
INTENSI PEMBELIAN
Eka Setya Nurani1
Universitas Kristen Satya Wacana,
Salatiga
Jony Oktavian
Haryanto2
Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
Latar
Belakang
Dalam
era globalisasi persaingan bisnis yang semakin dinamis, kompleks dan serba
tidak pasti, bukan hanya menyediakan peluang tetapi juga tantangan yang
dihadapi oleh perusahaan– perusahaan untuk selalu mendapatkan cara terbaik guna
merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Setiap perusahaan berusaha untuk
menarik perhatian (calon) konsumen dengan berbagai cara, salah satunya dengan
pemberian informasi tentang produk. Pemberian informasi tentang produk tersebut
dapat dilakukan melalui berbagai bentuk program komunikasi pemasaran di
antaranya: advertising, sales promotions, personal selling,
public relations, dan direct marketing. Dari berbagai program komunikasi
pemasaran tersebut, advertising merupakan salah
satu cara yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada target audiens. Media ini
dirasa paling efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.
Agar produk yang ditawarkan pemasar melalui media iklan memiliki daya tarik
bagi calon konsumen untuk membeli, maka diperlukan dukungan tokoh terkenal
ataupun bintang iklan sebagai penyampaian pesan dalam iklan. Bintang iklan (Celebrity endorser) yang merupakan
tokoh (aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena
prestasinnya dan berperan sebagai orang yang berbicara tentang produk, yang
pada akhirnya dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang menunjuk pada
produk yang didukungnya.
METODE
PENELITIAN
Populasi
dan Sampel
Metode sampling yang digunakan
adalah non probability sampling dengan teknik Judgmental sampling dengan
masyarakat Salatiga
Pengukuran
Variabel
Konsep yang hendak diukur dalam
penelitian ini adalah kosep Celebrity
endorser,
Brand association, Brand Personality, Product
Characteristics dan Intensi membeli.
Jurnal 3
ANALISIS PENGARUH
KEMENARIKAN PESAN IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND
AWARENESS UNTUK MENINGKATKAN BRAND ATTITUDE PASAT GIGI MEREK PEPSODENT
HAFIEDZ
ELYASA
NIM.
C2A607073
Latar Belakang
Era perdagangan bebas dan globalisasi di tandai dengan semakin meluasnya produk dan jasa, menyebabkan
persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan semakin ketat. Hal ini
menyebabkan manajemen perusahaan dituntut untuk lebih cermat menyikapi dalam
menentukan strategi bersaing. Perusahaan selalu mencari ide-ide kreatif dan
mengembangkan
tekhnologi
maupun berusaha untuk dapat meningkatkan penjualan dan juga memuaskan kebutuhan
pelangganya. Untuk dapat bersaing dengan produk sejenis perusahaan dituntut
untuk mampu memposisikan produknya di benak konsumen. Positioning produk harus memberi
arti penting bagi konsumen. Positioning ditujukan untuk menciptakan gambaran
tentang produk yang akan selalu diingat oleh konsumen dalam hal kualitas serta
dapat menciptakan keinginan konsumen untuk tetap mengkonsumsi produk tanpa
beralih ke produk pesaing. Posisi produk erat kaitanya dengan kepuasan
konsumen. Kepuasan konsumen merupakan factor penentu kelangsungan hidup produk
dan perusahaan. Dalam upaya memposisikan produknya perusahaan sering melakukan
promosi terutama menjalin hubungan komunikasi dengan konsumen sehingga
produknya dikenal luas oleh konsumen.
Tujuan Penelitian
·
Untuk menganalisa
pengaruh daya tarik penyampaian pesan
iklan terhadap Brand Awareness suatu produk.
·
Untuk menganalisa
pengaruh Brand Awareness terhadap
Brand Attitude suatu produk kepada konsumen.
Metode Penelitian
Variabel
penelitian ini terdiri dari tiga macam variabel, yaitu variabel terikat (dependent variable) atau
variabel yang tergantung pada variabel
lainnya. Variabel intervening atau variabel yang menghubungkan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Serta variabel bebas (independent variable)
atau variabel yang tidak tergantung pada variabel yang lainnya.
Variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah:
a)
Variabel terikat (Dependent Variable) yaitu
brand attitude pasta gigi
merek
Pepsodent (Y2).
b)
Variabel Intervening yaitu brand
awareness pasta gigi merek
Pepsodent
(Y1).
c)
Variabel bebas (Independent Variable) yaitu alasan keputusan
pembelian pasta gigi merek Pepsodent (X) yang meliputi
2 dimensi,
yaitu:
1) Kemenarikan Pesan Iklan (X1)
2) Kredibilitas Celebrity Endorser (X2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar